MANAJEMEN SEKOLAH
Manajemen sekolah merupakan penataan sumber daya manusia yaitu guru sebagai garda terdepan yang berhadapan dengan perserta didik, staff sekolah dan kurikulum sebagai alat untuk meningkatkan tujuan pendidikaan, Apabila kesemua komponen ini bekerja sesuai dengan peranannya, maka akan menimbulkan sekolah yang mempunyai kualitas baik, peningkatan kualitas guru melalui pelatihan yang dilakukan secara berkala melalui perencanaan yang terintegrasi di dalam kurikulum, peningkatan sekolah harus dimulai sejak awal, melalui proses penataan kurikulum yang baik maka akan menghasilkan output siswa yang cerdas dan berkualitas, hal ini tentu saja akan menambah kepercayaan masyaratkat terhadap sekolah apabila, lulusan dari sekolah tersebut mampu menembus Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.
Menghasilkan output peserta didik yang berkualitas memang lah tidah mudah diperlukan kerja keras dan kerjasama tim guru yang baik, akan tetapi kenyataan dilapangan kadang kita melihat seorang yang ambisius, egois dan tidak menerima kritikan dan masukan dari orang lain, hal ini tentu saja akan menghambat kemajuan sekolah tersebut, bahwa di sekolah itu kita bukan menjadi superman akan tetapi menjadi superteam yang selalu bekerja bersama team untuk meningkatkan kualitas sekolah agar menjadi sekolah yang terbaik diantara sekolah yang lain. Guru yang tidak mau berinovasi dalam pembelajaran akan selalu tertinggal dan sangat tidak menarik dalam pembelajaran di kelas, guru merupakan sosok yang menjadi sentral dalam pembelajaran di kelas, guru yang tidak mempunyai jiwa seorang guru dan hanya menjadikan murid dan sekolah sebagai objek mencari keuntungan semata seharusnya malu menjadi guru, dikarenakan guru merupakan sosok yang diteladani dan dihormati. Oleh karena itu perlunya pembinaan guru yang di programkan dalam kurikulum harus berjalan sesuai dengan tujuannya, agar lebih mengingatkan dan menyadarkan kepada guru bahwa guru itu merupakan pekerjaan yang mulia dan terhormat.
Pentingnya memahami manajemen sekolah oleh guru, bahwa penataan dilakukan semata untuk membuat kualitas SDM, melalui penerapan kurikulum dan pengawasan dari kepala sekolah yang berkelanjutan dapat membuat manajemen sekolah yang berbasis kinerja, inovatif dan mandiri dapat terealisasikan dalam jangka waktu dekat. Penilaian positif yang diberikan oleh masyarakat merupakan penilaian terhadap kinerja sekolah yang baik, kualitas harus selalu dijaga agar tidak mengalami kemunduran perlunya kooperatif dari seluruh komponen sekolah, bahu membahu meningkatkan pelayanan kepada peserta didik dan kinerja guru yang dituntuk untuk, inovatif dan mandiri sehingga peserta didik mempunyai bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik. Oleh karena itu marilah sama-sama kita sebagai pendidik mempunyai rasa peduli, tanggungjawab,untuk membangun sekolahnya untuk lebih meningkatkan prestasi peserta didik kita, dengan tangan kita lah sebagai guru akan terlahir pemimpin bangsa yang mempunyai karakter dan kepribadian yang mencerminkan pancasila.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar